Connect with us

Wow

Kenapa Kita Tiba-tiba Cegukan?

Terkejut.co Mungkin kita pasti sebel kalau lagi makan, terus tiba-tiba ngeluarin suara aneh seperti “hik..hik..hik.” Ya, betul suara aneh nan misterius ini bernama cegukan. Pasti kalau ngalamin hal kaya gini sangat menganggu, bukan? Namun, pernahkah terpikirkan: “kenapa ya kita bisa mengalami cegukan?”

Kenapa bisa Cegukan?

Di dunia ini, sudah banyak sekali pendapat yang menjelaskan alasan mengapa hal itu bisa terjadi. Pendeknya, cegukan terjadi secara refleks. Biasanya, hal itu terjadi kalau makan atau minum terlalu cepat maupun terlalu banyak.

Dalam dunia medis, cegukan lebih sering disebut sebagai “singultus”. Menurut pandangan fisiologis, hal ini terjadi karena adanya kontraksi yang sangat kuat pada diafragma dan otot pernapasan seperti otot interkostal dan otot leher kita. Saat kontraksi ini terjadi, lidah bagian belakang, naik ke atas langit mulut. Lalu, otot vokal atau glottis dalam tenggorokan kita ini kemudian juga ikut berkontraksi, hingga akhirnya menimbulkan suara seperti kita sedang tersedak oleh bakso, “Hik hik hik”. Ngga enak banget kan?

Warisan dari Leluhur

Kemudian, pendapat lain mengatakan kalau cegukan itu diwariskan oleh leluhur kita pada jutaan tahun yang lalu. Menurut pandangan ini, manusia berasal dari makhluk amfibi yaitu makhluk yang bisa hidup di darat dan di air, yang kemudian beradaptasi menjadi makhluk yang hidup di daratan saja.

Meskipun sudah berada di daratan, tubuh kita masih belum mampu menghisap udara sepenuhnya hingga masuk ke paru-paru. Akibatnya, tubuh kita mengembangkan mekanisme cegukan untuk memudahkan udara masuk dalam paru-paru. Dan mekanisme tersebut, tersisa hingga sekarang.

Ada pula pendapat lainnya, kalau cegukan juga sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Leluhur kita berpendapat bahwa hal itu terjadi karena roh kita berusaha keluar dari tubuh kita. Akibatnya, menurut leluhur kita, kita harus menutup mulut kita agar roh kita tetap berada dalam tubuh kita dan tidak jadi pergi. Sungguh sangat mengerikan!

Lalu, cegukan sendiri bisa ditanggulangi dengan berbagai cara, seperti menahan nafas selama 10 detik, meminum air, atau mengkonsumsi madu atau gula. Biasanya, hal ini terjadi selama beberapa menit, tapi bisa terjadi selama 48 jam. Capek ngga sih kalau terjadi terus?

Jadi, semoga tulisan ini tidak membuat kita bingung lagi tentang alasan kenapa hal itu bisa terjadi. Dan buat kita tidak lagi menyalahkan tukang bakso lagi atas cegukan tersebut.

Continue Reading

Copyright © 2020 ejurnalism.com